Pengertian Ulasan Dan Tips Memilih Besi Hollow Yang Baik

Anind0 Group Pusat Pembuatan Pagar Minimalis Murah Di Batu dan Malang Raya dan siap untuk mengerjakan renovasi rumah, villa maupun hotel di malang raya, jika anda pertanyyan maupun penawaran project mengenai kontruksi bangunan anda bisa menghubungi kami di nomer Whatsapp di bawah ini.

PENGERTIAN

Secara umum besi hollow berbentuk besi pipa berbentuk kotak dan berongga, besi hollow ini sendiri biasanya terbuat dari besi galvanis,stainless atau besi baja. Besi hollow ini Sering digunakan dalam konstruksi bangunan, terutama dalam konstruksi acessoris seperti pagar, railling, atap kanopi dan pintu gerbang. Besi hollow juga dapat digunakan untuk support pada pemasangan plafon.

ULASAN DAN UKURAN

Proyek – proyek pembangunan atau konstruksi dari hari ke hari semakin marak. Permintaan terhadap material pun semakin meningkat. Perkembangan saat ini memperlihatkan bahwa arsitek maupun pengembang tidak hanya terpaku pada ketahanan struktur saja tetapi juga pada faktor estetika.

Dalam setiap proyek, baik proyek residensial maupun komersial, salah satu hal penting yang harus wajib menjadi perhatian adalah rangka plafon karena rangka ini konstruksi penopang plafon. Karena fungsinya sebagai penopang, kriteria utamanya adalah harus kokoh dan juga memiliki nilai estetika. Hal – hal penting yang harus diperhatikan dalam pemasangannya diantaranya adalah pengukuran jarak dan material.

Salah satu material yang saat ini mulai banyak digunakan untuk rangka plafon adalah besi hollow. Istilah besi hollow mungkin cukup asing dan sulit dimengerti. Namun, terntaya besi hollow adalah besi yang berbentuk pipa kotak. Besi hollow biasanya terbuat dari besi galvanis dan galvanum. Pada mulanya bahan baku yang digunakan untuk pembuatan besi hollow ini terbuat dari campuran zinc dan alumunium yang sudah banyak digunakan di negara – negara maju karena kemampuannya yang tahan karat dan juga termasuk reflektor panas yang baik.

Besi hollow memiliki beberapa keunggulan yang membuat jenis besi ini begitu banyak diminati oleh masyarakat. Beberapa keunggulan besi hollow diantaranya adalah tahan api, anti rayap, anti karat, proses pemasangan yang cepat, dan harganya cukup terjangkau. Pemasangan besi hollow bisa lebih cepat karena untuk pemasangannya tidak memerlukan skill yang terlalu sulit. Pemasangan yang lebih cepat tentu akan menghemat biaya tenaga kerja untuk pemasangan. Selain itu harga besi hollow juga lebih terjangkau sehingga mampu mengurangi biaya konstruksi.

Besi Hollow selain untuk rangka plafon juga banyak digunakan untuk rangka dinding partisi sehingga nantinya bangunan menjadi tahan api, anti rayap atau binatang pengerat lain, bebas dari karat dan korosi akibat perubahan cuaca atau karena air hujan yang bersifat asam.

Besi hollow memiliki kualitas yang bagus karena bahannya yang kokoh dan memiliki ketahanan untuk keperluan jangka panjang.

  1. Dibawah ini beberapa pilihan Ukuran dan variatif ketebalan Besi Hollow / Besi Kotak :
  2. Dimensi 16 x 36 ;tersedia tebal ; 0.7 mm,0.8 mm,0.9 mm,1.2 mm
  3. Dimensi 20 x 20 ;tersedia tebal ; 0.6 mm,0.7 mm,0.8 mm,0.9 mm,1.0 mm,1.2 mm
  4. Dimensi 30 x 30 ;tersedia tebal ; 0.7 mm,0.8 mm,0.9 mm,1.0 mm,1.1 mm,1.2 mm
  5. Dimensi 36 x 36 ;tersedia tebal ; 0.8 mm,1.2 mm
  6. Dimensi 40 x 60 ;tersedia tebal ; 1.2 mm,1.4 mm
  7. Dimensi 45 x 75 ;tersedia tebal ; 1.7 mm
  8. Dimensi 50 x 100 ;tersedia tebal ; 1.3 mm,1.7 mm
  9. Dimensi 60 x 60 ;tersedia dengan ketebalan ; 1.2 mm

Catatan:

  • Tebal 1.2 mm setara dengan tebal 1.6 mm dipasaran.
  • Tebal 1.0 mm setara dengan tebal 1.4 mm dipasaran.
  • Tebal 0.8 mm setara dengan tebal 1.2 mm dipasaran.

KELEBIHAN BESI HOLLOW

KELEBIHAN BESI HOLLOW

Berikut penjelasan mengenai kelebihan besi hollow dan keuntungan penggunaannya.Mudah Diaplikasikan. Dengan kata lain besi hollow mudah diaplikasikan untuk kebutuhan apa saja karena dijual dalam bentuk batangan. Sehingga perhitungan pembelian didasarkan pada harga besi hollow per batang dan dibedakan berdasarkan ukuran penampang dan ketebalannya.

Harga Ekonomis. Pada konstruksi yang sebelumnya menggunakan material kayu, anda bisa menggantinya dengan material hollow. Besi hollow ini sendiri  terbagi menjadi 3 jenis hollow yang bisa menjadi bahan pertimbangan yaitu hollow Gypsum, Galvalume dan hollow Galvanis. Pilih sesuai dengan budget anda, karena dari ketiganya kesemuanya lebih murah jika dibanding material kayu dengan kualitas terbaik.

Besi Hollow Galvanise

Besi Hollow Galvanise

Besi ini merupakan sebutan untuk pelapisan finishing yang terdiri dari 97% unsur coating zinc ( besi ), ± 1% unsur coating alumunium dan sisanya adalah unsur bahan lain. Dengan komposisi bahan seperti ini, akan membuat besi hollow jenis ini menjadi korosif, terlebih lagi jika besi ini tergesek maupun terpotong. Oleh karena itu, pada penerapannya hollow ini harus diberikan anti karat dan jenis cat yang bagus agar tahan lebih lama meskipun diterpa hujan dan panas.

Besi Hollow Galvalum

Galvalume merupakan sebutan untuk Zinc-Alume yang pelapisannya mengandung unsur Alume ( Aluminium ) dan Zinc ( besi ). Untuk bahan Galvalume yang paling baik terdiri dari unsur coatingnya 55% Aluminium, unsur besi 43,5% dan unsur lapisan silicon 1,5%. Dilihat dari komposisi bahannya, hollow galvalume ini memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap korosi dibandingkan hollow galvanise. Dengan kualitas yang bagus, otomatis harga dari pada galvalume lebih mahal daripada galvanise

Bersifat Non-Combustable. Dalam bahasa kita bisa diartikan sebagai material yang tahan api dan tidak bersifat membesarkan rambatan api. Sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai material utama untuk konstruksi rangka atap, plafon dan rangka kanopi minimalis.

Anti Rayap. Jika masih bertahan dengan material kayu, apalagi untuk material kayu dengan kualitas menengah, tentu serangan rayap tidak bisa dihindari. Untuk itu, daripada anda menggunakan kayu dengan kualitas biasa karena menyesuaikan dengan budget, lebih baik anda berpindah menggunakan besi hollow.

TIPS DALAM PEMBELIAN BESI HOLLOW

TIPS DALAM PEMBELIAN BESI HOLLOW

Memilih besi hollow untuk kontruksi bangunan bukanlah yang mudah dan tentu butuh ketelitian karena sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan penghuni. Sebelum pergi ke toko yang menjual besi hollow, Anda sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai berbagai hal terkait besi hollow seperti jenis, merek, harga, dan sebagainya. Untuk mendapatkan besi hollow berkualitas, tidak ada salahnya melakukan beberapa hal dibawah ini saat tiba di toko.

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memilih produk terbaik setibanya di toko yang menjual besi hollow adalah mencari merk yang telah terkenal dan harga yang kompetitif. Anda tentu sudah mengetahui informasi merk besi hollow apa saja yang terkenal dari beragam sumber. Carilah merk tersebut atau tanya langsung kepada karyawan toko. Merk terkenal biasanya memberikan produk yang berkualitas tinggi dan terkadang memberikan garansi mutu. Jika Anda menemukan lebih dari satu merk besi hollow yang terkenal, bandingkan harga keduanya. Jika memang harganya kompetitif dengan selisih harga yang tipis, Anda bisa membeli produk besi hollow yang lebih mahal.

Hal kedua yang bisa dilakukan untuk memilih material ini di toko yang menjual besi hollow adalah memilih produk berdasarkan fungsi dan kebutuhan.  Jika Anda membutuhkan besi hollow sebagai pipa saluran air bersih, pembuangan limbah, dan lain-lain, tentu akan berbeda dengan besi hollow yang akan digunakan untuk rangka plafon, pagar, teralis dan sebagainya. Sebagai contoh, jika Anda membeli besi hollow untuk saluran air bersih, Anda tentu harus membeli pipa besi yang berkekuatan lebih besar untuk mengatasi tekanan air yang besar. Tidak perlu ragu untuk bertanya dan meminta saran kepada karyawan toko yang jauh lebih mengerti tentang masing-masing fungsi besi hollow agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hal ketiga yang harus dilakukan saat memilih di toko yang menjual besi hollow adalah memperhatikan bagian penyambungan batang pipa besi karena masing-masing pipa memiliki cara penyambungannya sendiri. Pastikan juga bahwa pada bagian sambungan tersebut tidak terdapat kotoran berlebihan. Demikianlah informasi mengenai tips memilih besi hollow. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda dalam bidang konstruksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *