5 Cara Membuat Pagar Besi Agar Tidak Berkarat

Anindo Group – Karat atau korosi di pagar besi rumah merupakan proses alamiah yang tidak bisa dihindarkan. Pagar besi terekspos elemen-elemen di luar rumah yang terus berganti, seperti sinar matahari dan suhu yang tiba-tiba berganti dari panas menjadi hujan.

Jasa Pembuatan Dan Pasang Pagar Besi Maupun Pagar Minimalis Murah Di Malang Dan Batu, Anind Group

Bila terjadi secara terus-menerus, cepat atau lambat pagar akan mengalami proses oksidasi yang bisa mengupas lapisan cat pagar dan membuat beberapa lubang. Selain merusak estetika dan tampilan pagar, pagar akan makin rapuh dan berujung pada kerobohan. Tentu Anda tak mau mengeluarkan uang banyak untuk mengganti semuanya, bukan?

Maka dari itu, ada beberapa cara mudah dari Dekoruma yang bisa Anda lakukan untuk memperlambat proses karat pagar besi rumah. Ini dia.

Rutin Mengecat Ulang

Salah satu cara termudah adalah rutin mengecat ulang pagar besi minimalis ketika karat sudah mulai tampak. Pastikan untuk menggunakan cat yang mengandung pelapis antikarat. Selain menjaga pagar tetap awet, Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berkreasi mengubah warna pagar.

Oleskan Oli atau Minyak

Oli dan minyak tanah juga bisa menjadi pelapis alami pagar besi untuk mencegah proses oksidasi. Karena menimbulkan kesan kurang bersih dan pagar menjadi terlalu mengkilap, sebaiknya oleskan oli dan minyak pada bagian pagar yang tersembunyi, terutama engsel.

Engsel yang berkarat akan mengeluarkan bunyi derit yang mengganggu dan membuat pagar sulit dibuka. Maka dari itu, engsel bisa diolesi oli atau minyak untuk mencegah proses korosi karena sifat minyak yang tahan air.

Melapisi Pagar dengan Timah

Menggunakan pelapis berbahan timah yang juga merupakan jenis besi lain, juga bisa mencegah munculnya karat dengan cepat pada pagar rumah Anda. Meskipun berbahan logam, timah justru memiliki ketahanan terhadap korosi yang cukup tinggi dibandingkan material besi biasa yang digunakan untuk membuat pagar. Oleh sebab itu, cairan pelapis timah akan melindungi pagar Anda dari karat.

Menggunakan Minuman Bersoda

Bila karat sudah mulai muncul tapi Anda tidak mempunyai material-material pelapis seperti yang sudah disebutkan di atas, minuman berkarbonasi atau minuman bersoda merupakan alternatif yang bisa digunakan untuk membasmi karat. Siram minuman bersoda ke titik yang berkarat, diamkan beberapa saat, dan pakai lap kering atau sabut kawat untuk menggosok bagian yang sudah disiram minuman soda. Karat pun bisa luruh karenanya.

Menggunakan Bahan Makanan Asam

Selain minuman bersoda, bahan-bahan masak seperti cuka atau campuran soda kue, garam, dan air jeruk bisa membasmi karat di pagar. Senyawa asam yang terkandung di dalam bahan-bahan ini dengan dibantu dengan kain lap bisa membuat karat segera hilang. Caranya pun mirip dengan minuman bersoda. Siramkan bahan-bahan ini ke titik yang berkarat, diamkan beberapa saat, lap dengan kain, dan karat pun akan hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *